MENJADI SEORANG MANAJEMEN KEUANGAN YANG TEPAT UNTUK BISNIS KECIL, INI DIA TIPS NYA!

Untuk memulai sebuah bisnis kecil, akan selalu terdapat banyak tantangan nya pada tahapan awal nya. Tidak hanya dalam persoalan modal saja, tetapi anda harus pintar – pintar dalam melakukan pengelolaan manajemen keuangan yang ada. Apalagi jika anda baru saja menjalan kan sebuah bisnis tersebut. Sebetul nya terdapat cara yang mudah, untuk membuat manajemen keuanggan itu. Berikut terdapat tips – tips untuk seorang manajemen keuangan dalam mengelola bisnis kecil nya yang tepat dan baik, jangan sampai ketinggalan.

Tips Manajemen Keuangan Dalam Mengelola Bisnis Kecil

1.Memisahkan Keuangan Pribadi Dengan Keuangan Perusahaan

Tips yang pertama dapat di bilang merupakan tips yang paling mudah untuk dilakukan, yaitu memisahkan keungan pribadi dengan keuangan perusahaan. Bila anda masih kebingungan, anda dapat membuat dua akun rekening yang terpisah. Mengapa ini harus dilakukan? Karena di khawatir kan, bila rekening pribadi dan hasil usaha di gabung kan, anda tidak akan mengetahui mana uang pribadi anda dan mana uang usaha anda.

Sebenar nya bisa saja, dimana uang dari hasil bisnis anda di pergunakan untuk keperluuan pribadi. Sesudah rekening di buat, anda harus memiliki komitmen dengan diri anda sendiri untuk tidak mencampuri uang tersebut. Dengan begini, manajemen keuangan akan menjadi lebih mudal untuk di atur dan di pergunakan untuk keperluan yang lebih penting suatu saat nanti, dan juga untuk melakukan pengembangan usaha.

2.Membayar Setiap Tagihan Tepat Pada Waktunya

Tips yang ke dua adalah dengan membayar setiap tagihan tepat pada waktu nya sebelum masa tenggang. Di dalam menjalan kan bisnis anda juga harus pintar – pintar untuk segera melunasi segala tagihan – tagihan yang ada. Kemudian, tagihan pembayaran yang lain nya juga penting untuk di bayar dan di perhatikan. Beberapa di antara nya seperti pembayaran kartu kredit dan juga pembayaran pinjaman lain nya.

Karena akan ada akibat yang anda terima bila anda tidak membayar semua  tagihan tersebut tidak tepat pada waktu yang sudah di tentukan, yaitu denda biaya keterlambatan. Memang terlihat sepele dan mudah, tetapi lama kelamaan bila di biarkan jumlah nya akan menjadi lebih besar, dan besar lagi. Jadi, anda harus membayar tagihan – tagihan tersebut tepat pada waktu nya sehingga menghindari aka nada nya biaya denda yang di lahir kan bila telat membayar. Demi kelangsungan perusahaan agar menciptakan keuangan yang stabil dan dapat di pergunakan untuk keperluan yang lain nya.

3.Menghitung Keuntungan yang Didapat Dengan Jelas

Tips yang ke tiga adalah dengan menghitung keuntungan yang di dapat dengan jelas. Keuntungan merupakan tujuan utama dari seorang pengusaha untuk mendirikan sebuah bisnis, tetapi kenyataan nya masih saja ada orang yang saat menghitung keuntungan tidak dilakuka dengan cara yang baik dan benar.

Tanpa di sadari, langkah ini sangat penting untuk dilakukan yang bertujuan untuk mengukur seberapa jauh bisnis anda dapat berjalan dengan baik atau tidak. Ketika sedang menghitung keuntungan ini, anda dapat memastikan semua biaya yang sudah di hitung. Yang di mana termasuk biaya pemasukan dan juga biaya pengeluaran. Menghitung keuntungan kadang – kadang melibatkan uang tunai dan juga uang non tunai, yang ada pada rekening perusahaan anda. Bila anda lupa untuk menghitung seperti biaya penyusutan, pajak, bunga dan lain nya, anda tidak akan tahu dengan jelas keuntungan bersih yang anda terima.