MAU JADI WIRASWASTA SUKSES? PAHAMI MANAJEMEN BISNIS LEBIH DALAM!

Saat masih kecil memiliki cita – cita untuk menjadi dokter, polisi, pengusaha dan yang lain – lain. Cita – cita diperlukan agar diri kita tahu kemana harus melangkah. Dengan cita – cita kita memiliki target hidup, sehingga setiap langkah yang akan di ambil lebih yakin. Bila tidak memiliki cita – cita hidup tidak memiliki tujuan, hanya mengikuti jalan yang diberikan seperti tanpa arah yang pasti. Maka dari itu penting memiliki cita – cita agar anda dapat menjadi apa yang anda mau.

Wiraswasta adalah profesi yang menjanjikan meskipun memang risiko yang di datangkan itu lebih besar tetapi hasil yang didapatkan pun menggiurkan. Wiraswasta membuka lapangan kerja bagi orang – orang, dan tentunya untuk mewujudkan semua itu perlu bekal.

Definisi manajemen adalah ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Jadi, manajemen bisnis adalah melakukan hal – hal yang di lakukan manajemen tetapi berkaitan dengan bisnis. Manajemen bisnis akan melakukan pemanfaatan sumber daya sebaik mungkin agar kegiatan bisnis nya dapat berjalan dengan sesuai target.

Mengapa manajemen bisnis itu penting untuk wiraswasta, karena menjadi wiraswasta memiliki risiko yang tinggi. Bila tidak memiliki bekal yang cukup bisnis yang dijalankan akan bangkrut atau kata lainnya gulung tikar. Tidak menjadi patokan bisnis yang sudah dijalankan itu sudah lama atau baru di mulai, karena bisnis bisa saja bangkrut bila tujuannya sudah tidak dapat tercapai.

Banyak penyebab yang bisa membuat bisnis bangkrut atau tujuan yang tidak tercapai, contohnya seperti kurangnya minat konsumen, menurunnya penjualan, dan manajemen bisnis yang kurang baik dalam bisnis tersebut. Manajemen bisnis tidak memandang bulu, karena manajemen bisnis berlaku untuk usaha besar maupun usaha kecil. Contoh dari manajemen yang buruk adalah pengeluaran yang seharusnya tidak dikeluarkan membuat modal menjadi terbuang percuma.

Anda dapat belajar tentang manajemen bisnis di universitas dengan program studi manajemen bisnis. Program studi manajemen bisnis mempunyai berbagai jurusan yaitu akuntansi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan lain – lain. Pilihlah jurusan ini sesuai dengan minat kalian, jangan sampai hanya karena mengikuti teman atau orang lain. Tentukan jurusan anda dengan bijak!

Pengertian Jenis-Jenis Manajemen Bisnis

Yang akan anda dapatkan bila mempelajari manajemen bisnis adalah paham dengan tujuan apa yang ingin anda capai, mengumpulkan dan menganalisis data, meneliti informasi, menyusun strategi bisnis yang efektif dan efisien, merealisasikan rencana yang sudah dibuat dengan menggunakan strategi, dan yang terakhir mengevaluasi.

Manajemen bisnis dibagi menjadi beberapa yaitu :

1. Keuangan

Jangan sampai uang atau modal yang anda punya ini terbuang begitu saja tanpa ada timbal balik. Untuk urusan uang itu sensitive, anda harus memikirkan matang – matang sebelum melakukan pengeluaran, apalagi mengeluarkan dana yang besar. Anda pun harus sering – sering mengechek laporan keuangan bisnis sendiri. Meskipun menjadi wiraswasta dan anda pemimpinnya jangan sampai anda di kelabui oleh karyawan anda karena anda tidak mengerti atau jarang mengecheck laporan keuangan.

2. Produksi

Dapat mengatur persediaan apa saja yang masuk dan yang keluar, jangan sampai persediaan terbuang sia – sia atau bahkan sampai busuk. Pemikiran ini diperlukan agar segala persedian dapat dipakai sesuai dengan kebutuhannya. Lalu tahap pemrosesan bahan baku dan menjadi produk yang siap untuk dijual.

3. Pemasaran

Menentukan target pasar yang akan dituju, jangan sampai produk yang dijual tidak sesuai dengan apa target pasarnya. Bila ini terjadi maka terjadi kerugian karena produk yang dijual tidak tepat sasaran.