MANAJEMEN BISNIS DENGAN SKALA UKM

Bisnis dalam skala UKM pun membutuhkan manajemen nya. Manajemen dapat di artikan sebagai cara untuk mencapai target bersama dengan melalui bentuan orang lain, dan ini sangat penting untuk di terapkan oleh bisnis skala UKM. Meskipun usaha anda mempunyai modal yang cukup, tetapi bila tidak ada manajemen dapat di pastikan bisnis anda kan lemah, tidak dapat maju dan berkembang, bahkan kemungkinan terburuk nya adalah usaha anda akan bangkrut dalam kurung waktu yang tidak lama. Jika tidak ingin hal – hal yang buruk ini terjadi, maka lakukan lah manajemen yang baik dan benar supaya bisnis UKM anda akan terus maju dan berkembang.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis UKM

1. Manajemen Yang Harus Di Perhatikan

Manajemen itu mencakup hampir dari seluruh aspek. Oleh sebab itu, bila anda seorang manajer atau pemilik bisnis anda harus berpikir secara keseluruhan. Karena manajemen menyangkut berkembang dan tidak nya suatu bisnis. Berikut yang harus di kelola dengan baik, yaitu:

  • Manajemen keuangan
  • Manajemen SDM atau pegawai
  • Manajemen resiko
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen produksi
  • Manajemen pengembangan
  • Manajemen pemulihan

Semua ini harus di perhatikan dengan baik dan teliti. Bila sistem dari manajemen sudah baik, maka tinggal cara anda untuk mengkontrol nya agar tidak lepas dari pandangan anda. Manajemen dengan sistem yang baik tidak hanya memberikan kemudahan pada pengelola bisnis nya, tetapi juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

2. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan dapat menggunakan cara pembedaan antara uang pribadi dengan uang bisnis. Jangan sampai uang pribadi dengan uang bisnis itu menyampur. Jangan lupa untuk mencatat segala transaksi baik pemasukan mau pun pengeluaran. Seiring dengan berjalan nya sistem keuangan akan semakin rumit, maka anda membutuhkan seorang akuntan, pengawas dll.

3. Manajemen SDM

Manajemen SDM juga sangat penting. Manajemen SDM dapat mengetahui sejauh mana SDM dapat dimaksimal kan. Cara ini dapat di mulai dengan level pendidikan dari karyawan. Selalu melakukan inovasi agar dapat bersaing dengan sehat. SDM dapat terus di latih dan di training sehingga para karyawan mendapatkan hasil yang efektif dan kerja yang produktif.

4. Manajemen Resiko

Di dalam dunia bisnis, anda tidak akan tidak bertemu dengan yang nama nya resiko. Langkah yang harus anda ambil adalah cermat dalam menganalisa masalah dan resiko yang sedang terjadi mau pun resiko yang akan terjadi. Langkah ini dilakukan agar anda dapat meminimalisir resiko dari kerugian perusahaan yang anda sedang jalanin. Manajemn resiko dapat berupa banyak hal tergantung dari resiko apa yang akan menjadi fokus utama anda. Resiko yang sudah di perkirakan akan menyebabkan kerugian yang sedikit untuk usaha anda.

5. Manajemen Pemasaran

Pemasaran yang berada di sini bukan sekedar produk andai sampai berada di tangan konsumen, tetapi juga harus menyesuaikan antara apa yang di inginkan oleh pasar dengan produk yang anda tawarkan. Lalu, yang termasuk ke dalam manajemen pemasaran adalah iklan, sosialisasi, dan cara lain nya yang dapat memperkenal nya produk anda. Pemasaran yang tepat dapat menghemat pengeluaran anda, tenaga anda, dan waktu ada. Contoh nya seperti shampoo, sabun yang sudah di sediakan di hotel mempunyai ukuran yang kecil dan isian yang tidak terlalu banyak. Ini contoh dari produk yang mempunyai kuantitas yang rendah tetapi tepat sasaran karena tamu hotel tidak akan berlama – lama.