BISNIS MANAJEMEN MENJADI JURUSAN YANG AMAN UNTUK DI PILIH

Tidak sedikit yang mengalami kejadian seperti ini. Di saat sedang berdiskusi dengan teman – teman atau dengan orang tua, mengenai jurusan apa yang akan di ambil saat kuliah nanti. Terkadang beberapa orang tua menyarankan anak nya untuk mengambil jurusan bisnis dan manajemen saat berkuliah nanti. Dengan alasan agar mudah untuk mendapatkan kerja nanti nya saat sudah lulus kuliah. Tetapi memang benar ada nya. Karena perusahaan atau pu bisnis pasti memerlukan lulusan mahasiswa bisnis manajemen.

Ternyata ilmu manajemen adalah ilmu yang sudah berumur paling tua di dunia. Karena, saat manusia mulai untuk hidup secara berkelompo, mereka telah melakukan manajemen. Contoh dari manajemen yang mereka lakukan adalah merencana kan, mengatur dan mengelola seluruh proses untuk mencapai sebuah tujuan. Misal nya membagi tugas dan tanggung jawab, wanita yang memasak dan lelaki yang mencari buruan untuk di masak. Sehingga tidak perlu di ragukan lagi mengapa jurusan binis menjadi jurusan yang paling aman untuk di ambil saat kuliah nanti. Karena memang lulusan bisnis manajemen akan mudah saat mencari pekerjaan. 

Meskipun manajemen sudah di pelajari sejak dahulu, bukan berarti manajemen ini mudah dan tidak memerlukan pelatihan yang khusus. Karena di dalam dunia bisnis manajemen itu sangat rumit dan memerlukan teori yang banyak dan praktek, agar terbiasa bila berada di dunia pekerjaan yang sesungguh nya. Seiring berjalan nya waktu, dan pergantian zaman yang tentu nya sudah sangat berbeda dengan zaman dahulu. Bila berkuliah di luar negeri, kurikulum di sana sudah sangat mementingan kan keahlian dalam praktikal, seperti mengikuti program magang atau internships, dan penempatan kerja atau work placement yang di wajib kan oleh kurikulum. Jadi, di perkuliahan tidak hanya mendapatkan teori tentang bisnis manajemen tetapi juga mendapatkan pengalaman dalam mempraktek kan teori yang sudah di pelajari tersebut.

Sehingga saat sudah lulus nanti, sudah mempunyai gambaran tersendiri tentang bagaimana dunia pekerjaan itu. Tidak terlalu merasa kaget dengan yang akan terjadi di dunia pekerjaan, karena pengalaman yang sudah di dapatkan semasa perkuliahan. Lalu, jika anda dapat melihat peluang dan mempunya ide yang cemerlang juga memiliki koneksi maka  anda dapat membuka bisnis anda sendiri.

Di sarankan bila anda memang ingin mendalami tentang apa itu bisnis manajemen untuk berkuliah di luar negeri. Karena program yang di fasilitasi di sana mencakup internships di dalam kurikulum nya. Jadi tidak teori yang di dapatkan, tetap mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan nya di dunia pekerjaan sebelum lulus kuliah. Ini menjadi mahasiswa yang lulus perkuliahan akan menjadi mahasiswwa yang siap dengan dunia pekerjaan nanti nya.

Di universitas yang berada di luar negeri, juga memberikan fasilitas tentang kegiatan ekstra kurikuler untuk mahasiswa, yang dapat mendukung pembelajaran mahasiswa dalam perkuliahan bisnis manajemen. Lalu, universitas juga memberikan fasilitas untuk membantu mahasiswa membuka usaha nya sendiri, dan persiapan karir bagi mahasiwa contoh nya seperti CareerAhead dari Universitas of Sussex.

Yang di pelajari dalam perkuliahan jurusan bisnis manajemen, tentu nya akan banyak teori yang di berikan. itu tidak akan sulit untuk di lakukan bila menghafal dan memahai teori nya secara garis besar pelajaran seperti :

  • Memahami tujuan yang akan di capai
  • Menganalisa data
  • Menyusun rencana berdasarkan prinsip  efisien dan efekttif
  • Mengimplementasikan rencana
  • mengevaluasi